Pages

Tips Menguji Ke Aslian Madu

Berikut Sedikit Tips Untuk Menguji Madu Asli :
Pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam, mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 -- 6,1.
Alat polarimeter dapat pula digunakan untuk mengetahui keaslian madu. Madu asli secara optis akan memutar ke kiri, sedangkan madu palsu akan memutar ke kanan.
Tapi yg termudah, yaitu: Madu Asli,jika di tetesi air dan di 'shake' pada piring datar, maka madu tersebut akan membentuk guratan heksagonal, persis serupa dg bentuk sarang nya.. Subhanallah! Lebah madu pun "tidak mau" produk makanannya dipalsukan.

Bukan dengan SEMUT mengujinya, dan bukan pula dengan kulkas, bukan dengan telur dan bukan pula dengan kertas koran, semua cara itu adalah cara² yang salah, yang sengaja dikumandangkan oleh para penjual madu palsu agar madunya terkesan asli.

  • Madu palsu bila ditambahkan sedikit saja sari gula, semut sudah tidak mau lagi memakannya, karena ada mitos semut tidak menyukai madu
  • Bila dikentalkan sedikit, maka telur pasti matang karena ada mitos telur bisa matang pada madu
  • Dan krn pengentalan tsb pula maka tidak akan tembus pd kertas koran
  • Bila ditambah zat kimia maka madu palsu pasti tidak akan beku di dalam kulkas

Apabila mitos-mitos tersebut masih tetap menjadi pegangan dalam menguji keaslian madu, maka sudah dipastikan anda terus menerus tertipu dalam menentukan keaslian madu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar